Mechanical Seal

Tentang Mechanical Seal

SURABAYASEAL, Mechanical Seal adalah salah satu jenis dari dinamik Seal yang berfungsi untuk menghindari/ meniadakan kebocoran yang terjadi pada Stuffing Box pompa & kompresor centrifugal. Mechanical Seal terdiri dari komponen-komponen Rotating dan Stasionary yang dipasang dengan posisi tegak lurus pada shaft sleeve. Komponen-komponen utama dari Seal Face dibuat dari material yang berbeda karakteristiknya guna menghindari kehausan permukaan seal yang tidak merata.

Fungsi utama dari seal adalah untuk mencegah kebocoran yang mungkin terjadi pada sambungan-sambungan. Seal mekanik digunakan diantara poros yang berputar dengan rumahnya, seperti pompa rotasi. Pada umunya, klarifikasi Mechanical Seal ini di tentukan oleh jumlah dan susunan Rotating Face dalam Seal Chamber. Singel Seal berarti Stuffing box mempunyai satu Rotating face dan satu Matting Face. Rotating Face dapat di tumpu oleh satu (1) atau banyak pegas (multi Spring) serta tekanan Fluida dalam Stuffing Box ( Hydroulic Pressure ).

Diantara permukaan Rotating dan stasionary terdapat lapisan Film dari fluda kerja yang berfungsi sebagai penyekat, pendingin dan pelumas kompenen-komponen Seal. Lapisan film ini dioptimalkan pada tingkat ketebalan minimumagar emisi fluida kerja dengan ambang batas persyaratan lingkungan.

Kontruksi Mechanical Seal
Mechanical Seal secara umum terdiri dari dua bagian utama yaitu :
1. Stasionary Face ( Permukaan yang diam)
2. Rotary Face (permukaan yang berputas)

Adapu bagian-bagian dari kedua permukaan tersebut :
1. Stasionary Face
a. Stationary Face
b. Seat Gasket
c. Flange Seal

2. Rotary Face
a. Set Screw
b. Spring Holder
c. Coil Spring
d. Retating
e. Rotating Face Gasket
f. Rotating Face.

Write a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*